Review Astell&Kern AK100

Review Astell&Kern AK100


Biasa pertama kali dengar itu salah satu faktor yang paling critical , dan saat pertama kali dengar, saya merasa suara yang dihasilkan AK100 kurang menarik secara keseluruhan, bukan jelek sih cuma ga ada faktor WOW seperti yang saya rasakan pada hifiman 801, altman, dll pada saat pertama kali dengar. Karakter suaranya lebih ke warm, tetapi overall spektrum suaranya secara keseluruhan agak tipis,  deep bass frekuensi sangat sempurna, salah satu dap terbaik di kategori ini, mampu menjangkau frekuensi bass yang begitu rendah ditambah detail dan rapi, tapi bass frekuensi agak atas (seperti low dan mid bass) biasa biasa saja, tipikal natural (not netral) dan karakter gituan seperti biasa kurang di sukai telinga orang indo yang lebih suka coloration, power pake 40% untuk iem brarti ga besar amat tapi juga ga kecil .. separasi ga terasa kualitasnya sehingga harus milih milih lagu, ini kayaknya biarpun harga hifi tapi kelasnya sekitar pertengahan antara hifi dan non hifi . Touchnya sih menyenangkan cukup responsif, trus bug nya kadang ads suara distorsi waktu screen off tapi pas saya restart jadi ga ada. Line out nya blom coba, tapi kayaknya bagus kalo dari perkiraan, equalizer build in nya mempunyai kualitas standard banget dan ga ada preset. Dan ternyata bisa baca file wav 24bit. Hasil tes dengan 2 iem dan 2 earbuds, disimpulkan ternyata dap ini cocoknya sama earbuds, terus terang ga impresis saat pake 2 iem, trus pas ganti ke earbuds, barusan terasa magic nya di bagian background yang bersih dan staginf yang wide, dimana pada saat pake iem belum terasa background(ga sampe tingkat wow) bersihnya , apalagi memory masih terbias dengan altman yang rajanya background bersih ( yap, altman masih rajanya untuk kategori ini).
DAP ini mampu memainkan file 24 bit tanpa masalah (yeah true 24 bit, bukan cuma bisa playback trus downstream seperti ipod) . Touchnya cukup responsif , UI nya sangat sederhana dan mudah dipelajari. Volume suara bisa diatur dengan sistem analog yang di puter , tombol hardware cukup lengkap untuk playback musik. Build Quality sangat baik dan materialnya bagus (aluminium), boleh dibilang design materialnya adalah salah satu yang terbaik di kategori DAP.
Saya juga ada tes ak100 as Transport (dengan desktop dac , ibasso D12, dll) , bagus sih , tapi kayaknya sayang donk beli mahal mahal tapi cuma sebagai transport.
Jadi apakah worth DAP ini? dengan harga yang tergolong cukup tinggi, kalo untuk saya pribadi sih menolak untuk membeli ya, maklum saya kurang menyukai barang atau merek yang fokus di luxury, branded, prestisi atau sejenisnya, it`s why saya kurang suka merek seperti Apple, Rolex, Hermes, etc (bukan benci sih, ga favorit saja).


Share:
Next Post Previous Post